penjelasan tentang pendidikan akhlak tersebut, penulis menggunakan studi pustaka (Library Research) atau suatu penelitian kepustakaan.[1]
Dengan jalan membaca, memahami serta menelaah buku-buku, baik berupa kitab-kitab tafsir maupun sumber lain yang berkenaan dengan permasalahan-permasalahan yang kemudian dianalisa.
1. Metode Analisis Data
Setelah data terkumpul, dipilah-pilah, diklasifikasikan dan dikategorikan sesuai dengan tema pembahasan yang diangkat. Proses pengolahan data ini ditunjuk dengan analisis isi (Content Analysis), yaitu mengungkapkan isi pemikiran tokoh yang diteliti, Sehingga dapat diperoleh gambaran tentang kelebihan dan kekurangannya.[2]
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenologi yang hendak mendudukkan tinggi pada kemampuan manusia untuk berfikir reflektif, dan lebih jauh lagi menggunakan logika materiil dan probabilistik. Pendekatan ini juga mengangkat makna etika dalam bertoeri dan berkonsep. Obyek ilmunya tidak terbatas pada yang empirik (sensual), melainkan mencakup phenomena yang tidak lain dari pada persepsi, pemikiran, kemauan dan keyakinan subyek tentang sesuatu diluar subyek, ada sesuatu yang transenden, disamping yang aposteriorik.[3]
Disini yang dianalisis adalah pemikiran pendidikan akhlak KH. Hasyim Asy’ari dengan tetap memperhatikan konteks dan latar belakang histories, kultural serta segala sesuatu yang mempengaruhi munculnya pemikiran tersebut.
Adapun metode analisis data yang dipakai adalah deskriptif, menurut Sanafiah Faisal metode deskriptif yaitu berusaha mendeskripsikan dan menginterpretasikan apa yang ada, baik mengenai kondisi atau hubungan yang ada, pendapat yang sedang tumbuh, proses yang sedang berlangsung atau yang telah berkembang.[4]
Metode ini digunakan untuk menganalisis konsep-konsep pendidikan akhlak KH. Hasyim Asy’ari, sehingga akan muncul wacana baru dalam dunia pendidikan.
E. Sistematika Penulisan Skripsi
Untuk memperoleh pembahasan yang sistematis dan konsisten serta dapat menunjukkan gambaran yang utuh dalam skripsi ini, maka penulis menyusun dengan sistematika sebagai berikut:
1. Bagian muka
Dalam bab ini terdiri dari halaman sampul, halaman judul, halaman nota pembimbing, halaman pengesahan, halaman motto, halaman persembahan, halaman kata pengantar, halaman daftar isi.
2. Bagian Isi
BAB I : Pendahuluan, dalam bab ini akan dibahas beberapa hal seperti, latar delakang masalah, perumusam masalah, tujuan penulisan skripsi, penjelasan kata kunci, telaah pustaka, metode penulisan skripsi dan sistematika penulisan skripsi.
BAB II : Berisi tinjauan umum pendidikan akhlak di pesantren. Dalam bab ini akan dibahas tentang pengertian akhlak dan ilmu akhlak, kedudukan akhlak di pesantren, prinsip-prinsip sistem pendidikan pesantren dan metode pendidikan akhlak pesantren.
BAB III : Berisi sketsa biografi dan konsep pemikiran pendidikan akhlak KH. Hasyim Asy'ari. Dalam bab ini akan dibahas pemikiran pendidikan akhlak dijabarkan melalui poin-poin sebagai berikut: Signifikansi pendidikan, tugas dan tanggung jawab murid, tugas dan tanggung jawab guru, dan akhlak terhadap buku, alat pelajaran dan hal-hal yang berkaitan.
BAB IV : Bab ini membahas tentang analisis pendidikan akhlak KH. Hasyim Asy’ari. Dalam bab ini akan dibahas poin-poin sebagai berikut:
Tujuan pendidikan, konsep operasional pendidikan dan kontribusi konsep kitab Adabul’Alim wal Muta’alim dalam dunia pendidikan.
BAB V : Penutup
Bab ini merupakan bab terakhir yang meliputi:
Kesimpulan, saran-saran dan penutup. Dalam bagian terakhir skripsi, penulis melengkapi dengan daftar pustaka, dan daftar riwayat hidup.
Semarang, 26 Agustus 2003
Penulis
Yunni Destiana
NIM. 3198167
Mengetahui
Pembimbing 1 Pembimbing 11
Prof.DR. Abdurrahman Mas’ud, MA. Amin Farih, M.Ag
NIP. 150 240 107 NIP. 150 314 242
DAFTAR PUSTAKA
I. Sumber Utama
Al-Ghazali, Imam, Ihya Ulumuddin, juz 111, Dar al-Fikr, Bairut, 1913.
Al-Ghulayani, Musthafa, Idhatun Nasyi’in, Bandung, Maktabah Al Misriyah, Bairut, 1913.
Asy’ari, Hasyim,. Adabul’Alim Wal Muta’alim, Jombang, Maktabah Turots Al Islami, 1415 H
Taimiyah, Ibnu, Peran Ulama dan Santri Dalam Perjuangan Politik Islam di Indonesia, PT. Bina Ilmu Offset, Surabaya, 1994
II. Sumber Pendukung
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Yogyakarta, 1996.
Azizy, A. Qodri, DR. MA, Dinamika Pesantren Dan Madrasah, Pustaka Pelajar, Bandung, 1981.
Burhanuddin, Tamyiz, Akhlak Pesantren Solusi bagi kerusakan Akhlak, Ittaqa Press, Yogyakarta, 2001.
Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, 1994.
Dewey, John, Democracy and Education, New York, The Mucmilian Company, 1964.
Dhofier, Zamachsari, Tradisi Pesantren, LP3ES, Jakarta, 1982.
Faisal, Sanafiah, Metodologi Penelitian Pendidikan,Usaha Nasional, Surabaya, tt.
Hadi, Sutrisno, Metodologi Research, jilid 1, Andi Off Set, Yogyakarta, UGM, 1998.
Ibrahim Ismail, Syeh, Petunjuk Menjadi Cendekiawan Muslim, Toha Putra, Semarang, 2000.
Marimba, D. Ahmad, Drs., Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, PT. Al-Ma’arif, Bandung, 1981.
Mastuhu, Dinamika Sistem Pendidikan, INIS, Jakarta, 1999.
Muhadjir, Noeng, Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi 111, Rake Sarasih, Yogyakarta, 1996.
Nata, Abuddin, Dr. H. MA., Akhlak Tasawuf, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2000.
Nawawi, Hadi, Metodologi Penelitian Bidang Sosial,Gajah Mada Press, Yogyakarta, 1996.
Redaksi Sinar Grafika, Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, UU RI No.2, Th. 1989, Jakarta, 1999.
Rifa’I, Moh., Drs. H, Membina Pribadi Muslim, CV. Wicaksana, Semarang, 1993.
[1] Sutrisno Hadi, Metodologi Research, jilid 1, Andi Off set, Yogyakarta, UGM, 1990, hlm.9
[2] Hadari Nawawi, Metode Penelitian Bidang Sosial, Gajah Mada Press, Yogyakarta, 1993, hlm.68.
[3] Noeng Muhadjir, Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi 111, Rake Sarasih, Yogyakarta, 1996, hlm. 83.
[4] Sanafiah Faisal, Metodologi Penelitian Pendidikan,Usaha Nasional, Surabaya, tt, hlm. 119.
0 comments:
Post a Comment
Leave Your Comments