Breaking News
Loading...
Sunday, September 21, 2014

Info Post

gp-bola
Di masa serba digital seperti saat ini, manusia tidak dapat hidup tanpa ada pertolongan peralatan elektronik. Peralatan ini terkecuali memudahkan kehidupan pemiliknya juga adalah penunjang pola hidup yang semakin hari semakin mutakhir.

Namun tahukah anda bahwa alat-alat elektronik ini bisa membahayakan diri kita?

Pakar toksikologi peraih hadiah Nobel, Devra Davis, pada bukunya yang berjudul 'Disconnected ' mengungkap bahwa ada lima piranti elektronik yang paling punya pengaruh jelek untuk kesehatan manusia. Penyakitnya juga bermacam, dari mulai masalah perkembangan sampai kanker otak.

Tetapi, janganlah cemas, Davis juga memasukkan bagaimanakah memakai benda-benda itu hingga tidak menyebabkan fatal untuk kesehatan kita. Tersebut disini lima benda elektronik yang paling beresiko menurut Davis.

1. Handphone
Menurut riset Davis, pemakaian handphone bisa mengakibatkan kerusakan perkembangan sel otak pada anak serta mengakibatkan tumor otak pada orang dewasa. Bukan sekedar itu, handphone dapat juga meneror populasi umat manusia. Kok dapat? Menurut Davis, pemakaian handphone minimum empat jam satu hari bisa kurangi jumlah sperma.

Panduan :
Gunakan speakerphone atau hands-free saat menelepon.

2. Laptop
Terkecuali baterai yang meledak atau mainboard berasap, permasalahan laptop pada kesehatan manusia yaitu sakit mata serta kepala lantaran radiasi monitor. Diluar itu, laptop yang ditempatkan di paha bisa membakar paha seperti daging panggang. Hal semacam ini karena panas yang keluar dari laptop. Masalah terparah yaitu kanker kulit.

Panduan :
Untuk hindari sakit mata, berpaling dari monitor laptop tiap-tiap 20 menit sepanjang 2-3 menit. Perbesar font bila dibutuhkan. Untuk hindari paha terbakar, beli bantal paha.

3. IPods
Davis menuturkan penelitiannya yang menyampaikan bahwa dengarkan musik dengan iPods sepanjang satu jam 1/2 bisa mengganggu pendengaran, bahkan juga pada masalah terparah yaitu tuli.

Panduan :
Gunakan busa earphone untuk sedikit meredam nada yang keluar.

4. Video game
Menggenggam stik game terlampau lama bisa bikin tanganmu merah, Davis menyebutnya “telapak Playstasion”. Ini dikarenakan oleh lembabnya telapak tangan lantaran berkeringat. Sedang pada Nintendo Wii, keluhan yang seringkali yaitu lepasnya tulang bahu lantaran terlampau semangat memukul.

Panduan :
Pada Wii, pemain pada awal mulanya mesti lakukan peregangan lebih dahulu. Untuk Playstation, pemain membaluri tangannya dengan bedak.

5. Komputer
Penyakit yang muncul menurut Davis yaitu permasalahan jantung serta obesitas lantaran kurang gerak. Kejang otot sempat juga berlangsung lantaran terlampau lama memakai mouse atau salah posisi mengetik.

0 comments:

Post a Comment

Leave Your Comments